Manajemen Layanan Sistem Informasi pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
Dhea Aulia Andini
11116920
2 KA 05
1.
Service Strategy PT.Indofood Sukses Makmur Tbk
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. merupakan jenis perusahaan manufaktur,
yaitu perusahaan yang memproses bahan mentah hinga berubah menjadi barang
yang sudah siap untuk dipasarkan. Semua proses yang terjadi di industri ini
umumnya melibatkan berbagai peralatan modern.
Memiliki
orientasi pasar, dimana produksi yang dilakukan oleh perusahaan disesuaikan
dengan permintaan pasar. Perusahaan selalu berusaha memenuhi kebutuhan
konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh karena itu,
perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna memenuhi kepuasan pelanggan,
khususnya selera konsumen.
2. Service Design PT.Indofood Sukses Makmur Tbk
PT. Indofood Sukses
Makmur Tbk. adalah sebuah perusahaan yang
bergerak di bidang pengolahan makanan yang hampir seluruh produknya menguasai
pasar di Indonesia. Produk yang dihasilkan termasuk mie instan (Indomie,
Sarimi, Supermi, Cup Noodles, Pop
Mie, Intermie, Sakura). Indofood merupakan produsen mie instan terbesar dengan
kapasitas produksi 13 miliar bungkus per tahun. Selain itu Indofood juga
mempunyai jaringan distribusi terbesar di Indonesia. Posisi dominan Indofood
pada pasar mi instan tidak diragukan lagi, dengan menguasai pangsa pasar lebih
dari 80%. Secara teoretis suatu pelaku usaha yang menguasai pangsa pasar 80%
tidak saja dapat dikatakan mempunyai posisi dominan, tetapi juga telah
memonopoli pasar yang bersangkutan.
3. Service Transition PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
Menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan
perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan. Tahapan
transisi ini harus dikawal dengan sebaik dan tidak terjadi chaos.
Dalam rangka
memperbaiki atau meningkatkan komitmen perusahaan terhadap kepercayaan
pelanggan, maka perusahaan berusaha untuk meningkatkan mutu dan inovasi tenaga
kerja adalah melalui pelatihan. Pelatihan yang dilakukan perusahaan terdiri
dari tiga kategori, yaitu pelatihan dasar, pelatihan teknis fungsional, dan
pelatihan manajerial.
Penerimaan pegawai, PT. Indofood c. menerapkan
dua sistem. Pertama adalah sistem internal, apabila perusahaan membutuhkan
suatu jabatan tertentu, maka akan ditinjau dulu pegawai yang telah ada dan
berpotensi untuk promosi jabatan. Kedua adalah sistem eksternal, dimana HRD
akan merekrut SDM dari luar yang bermutu dengan spesifikasi pekerjaan yang
dibutuhkan melalui kantor Departemen Tenaga Kerja, iklan, Biro Konsultasi, atau
dengan pemasangan pengumuman di lingkungan perusahaan.
4.
Service Operation
PT.Indofood Sukses Makmur Tbk
Dalam dua dekade terakhir, PT
Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood”) telah bertransformasi menjadi sebuah
perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup
seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan
bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Kini Indofood
dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di setiap kategori
bisnisnya. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Indofood memperoleh
manfaat dari ketangguhan model bisnisnya yang terdiri dari lima Kelompok Usaha
Strategis (”Grup”) yang saling melengkapi sebagai berikut:
a.
Produk Konsumen Bermerek
Kegiatan usaha CBP dilaksanakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
(”ICBP”), anak perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia
(“BEI”). ICBP merupakan produsen dari beragam produk konsumen bermerek yang
mapan dan terdepan di pasar. Berbagai merek produknya merupakan merek-merek
yang terkemuka dan dikenal di Indonesia. ICBP telah memulai kegiatan usaha
minuman non-alkohol dan memperluas portofolio produknya dengan minuman teh dan
kopi siap minum, air minum dalam kemasan, minuman berkarbonasi dan minuman jus
buah.
b.
Bogasari
Grup ini
memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta, didukung
oleh unit usaha perkapalan dan kemasan.
·
Tepung
Terigu
Bogasari
memproduksi berbagai macam tepung terigu untuk berbagai keperluan di bawah
naungan merek-merek terkemuka, antara lain Segitiga Biru, Kunci Biru dan Cakra
Kembar. Merek-merek Bogasari melambangkan kualitas dan merupakan merek-merek
pilihan pelanggan industri dan konsumen.
·
Pasta
Bogasari juga merupakan produsen
pasta terbesar bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara. Di
Indonesia, produk pasta Bogasari dipasarkan dengan merek La Fonte, yang
merupakan pimpinan pasar, dikenal karena kualitas dan rasanya yang lezat.
Bogasari juga mengekspor produk pasta ke beberapa negara, antara lain Filipina,
Korea dan Jepang.
c.
Agribisnis
Kegiatan operasional di bidang
agribisnis dijalankan oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk dan PT PP London Sumatra
Indonesia Tbk yang mencatatkan sahamnya di BEI, serta merupakan anak perusahaan
Indofood Agri Resources Ltd. (“IndoAgri”), yang sahamnya tercatat di Bursa Efek
Singapura (”SGX”). Kegiatan usaha utama Grup Agribisnis meliputi penelitian dan
pengembangan, pemuliaan benih bibit, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit
hingga produksi dan pemasaran produk minyak goreng, margarin dan shortening.
d.
Distribusi
Dengan jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, Grup ini
mendistribusikan hampir seluruh produk konsumen Indofood dan anak-anak
perusahaannya, serta berbagai produk pihak ketiga.
e.
Budidaya & Pengolahan Sayuran
Kegiatan usaha budidaya dan pengolahan sayuran
dilaksanakan oleh China Minzhong Food Corporation Limited (“CMFC”) yang
sahamnya tercatat di SGX dan merupakan perusahaan pengolahan sayuran
terintegrasi di Tiongkok. CMFC menjalankan kegiatan usaha terintegrasi yang
didorong oleh permintaan (integrated demand-driven operation) dengan kemampuan
budidaya dan pengolahan yang beragam, serta memproduksi produk bermerek.
5.
Continual Service Improvement PT.Indofood Sukses Makmur Tbk
PT . Indofood dalam
memasarkan produknya adalah Concentric Diversfication Strategi. Strategi ini
dilakukan dengan menambah produk yang baru tetapi masih saling berhubungan.
Strategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkan strategi Mastering The
Present, Pre-empting the Future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive
advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan
menjalankan program cost efficiency and
cost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para konsumennya
dengan memperkenalkan produk-produk dengan higher
price and higher margin. Selain itu dilakukan diversifikasi harga dengan
merubah bentuk dan rasanya.
Selain itu Indofood juga
menerapkan strategi Penetrasi Pasar, yaitu berusaha untuk meningkatkan pangsa
pasar. Dalam strategi Indofood telah memperbanyak tenaga penjual, menambah
biaya advertising (melalui iklan di Televisi, majalah, dan surat kabar),
menawarkan promosi penjualan ekstensif, dan meningkatkan publikasi.
Sumber
Komentar
Posting Komentar