Strategi Strategi Listening dalam Mengerjakan TOEFL

Pada section listening dalam test TOEFL, adalah termasuk soal pertama yang akan anda hadapi. Untuk mendapatkan nilai yang baik maka anda juga perlu mengetahui strateginya cara menjawabnya.
Berikut adalah beberapa strategi cara menjawab tes listening toefl yang bisa anda coba :

Strategi Umum

  1. Pahamilah bentuk-bentuk perintah.
  2. Baca pilihan-pilihan jawaban masing-masing soal ketika narrator sedang membacakan direction dan contoh soal.
  3. Dengarkan penuh konsentrasi dan fokus perhatian Anda pada percakapan yang sedang anda dengarkan.
  4. Maksimalkan kemampuan listeing pada soal-soal pertama masing-masing part.

Strategi Khusus

PART A : Short Conversation
  1. Fokus mendengar pada pembicara kedua.
  2. Jangan panik bila tidak memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit, hanya perlu menangkap ide dan isi percakapan.
  3. Bila tidak bisa memahami apa yang diucapakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari yang anda dengar.
  4. Pahamilah bentuk-bentuk functional expression (agreement, suggestion, suprice,dll), idiomatic expression dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.
PART B : Longer Conversation
  1. Ketika narator membicarakan direction part B sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memperkirakan tema apa yang akan diperbincangkan.
  2. Ketika menyimak conversation, anda harus mengetahui tema/topic yang dibicarakan.
  3. Waspadalah pada masing-masing pertanyaan.
  4. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung yakni menyangkut dengan tempat dan waktu pembicaraaan, apa dan siapa yang dibicarakan.
PART C : TALK
  1. Bila anda memiliki banyak waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.
  2. Waspada pembicaraan pada kalimat-kalimat pertama karena biasanya menjadi topic bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
  3. Fokus mendengarkan pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-WH (What, Why, Who, When, Where) dan How.
  4. Buatlah kesimpulan atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Layanan Sistem Informasi pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

Pelayanan Sistem Operasi dan System Call

Review Aplikasi Synfig Studio